Sabtu, 23 Juni 2012

kisah seseorang



SANTO & SANTA
St Joseph Bilczewski (1860- 1923)
Peduli Panggilan Imamat
   Ia lahir di wilamowice, dekat kety, 26 april 1860. Ia terlahir sebagai anak sulung dari sembilan bersaudara.
     Kemudian  ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di Wilamowice dan Kety. Tahun 1880 ia lulus dari sekolah menengah. Dan tanggal 6 juli 1884 ia di tahbiskan sebagai imam di Krakow oleh cardinal Albino Dunajewski. Gelar doctor teologi diperolehnya dari universitas Vienna tahun 1886. Lalu melanjutkan pendidikan di Roma dan Perancis hingga menjasi professor teologi Dogmatik di universitas John Casimir di Leopoli, Ukraina.
  Para mahasiswa dan koleganya amat menaruh hormat.Kemampuannya berealisasi dan menjalin persahabatan membuat Francis Joseph, kaisar Austria, mengusulkan pada bapa suci Leo XIII. Tanggsal 17 Desember 1900 pada usia 40, ia menjadi uskup agung Leopoli di Latin Rite dan menggunakan nama Mgr Joseph Bilczewski.
Ttitk Perhatian
      Dalam misi keuskupannya, ia banyak menghadapi persoalan. Masalah social,ekonomi, suku situasi keagamaan, juga konflik akibat perang dunia I. Perhatiannya yang besar terhadap semua permasalahan yang menghantarkannya makin terlibat dalam urusan hak rakyat Polandia, Ukraina, dan Yahudi. Dalam masalah isu social ia selalu berpihak pada masyarakat dan kaum papa.
   Perang Polandia- Ukraina mengakibatkan banyak imam dipenjar4a dan dibunuh. Dari 1918-1921, keuskupannya telah kehilangan 120 imam.
     Perang dunia I membuat orang sling membenci dan tidak menghsrgai. Bilczewski tergerak hatinya. Ia berpendapat bahwa dasar kehidupan social adalah terciptanya keadilan lewat cinta Kristus. Ia mengingat tentang cinta Tuhan yang tanpa batas mau mengampuni setiap dosa dan luka hati.
      Ia sadar bahwa semuanya hanya bisa diatasi dengan kesepakatan, upaya moral, keyakinn yang kuat, dan kesetiaan iman yang tak pernah berhenti pada Tuhan. Ia menjelaskan devosi terhadap ekaristi dan hati kudus Yesus. Para imam dimintanya melkukan adorasi, setia pada ekaristi, dan berpartisipasi dalam pguyuban para imam.
Bersahaja
  Uskup Agung Joseph Bilczewski mendirikan banyak gereja dan kapel, sekolsh, dan rumah sakit. Segala yang memungkinkan untuk tumbuhnya kesetiaan pada kristus didukungnya selalu. Bantuan berupa materi dan semangat membantu tugas- tgas penting keuskupan Agung Leopoli.
Dari karya- karya ini, ia menjadi terkenal karena kebaikan hati yang berlimpah, rendah hati, juga semangat berpastoralnya. Ia seorang pendukung persatuan, kesetiaan,dan kedamaian.
      Kesahajaan hidup tak hanya tampak ketika ia sehat. Ketika ia sakit yang serius pun sikap kesahajaannya tampak. Ia menerima rasa sakitnya dengan tenag dan pasrah. Bahkan ia siap dipanggil oleh Tuhan. Menerima dengan damai dan tunduk pada rencana Tuhan yang selalu ia anggap kudus. Akhirnya Tuhan mengambil jiwa dan rohnya pada 20 maret 1923.
   Keinginannya untuk beristirahat kekal diantara orang- orang yang selalu menganggapnya bapa dan pelindung, dikabulkan. Ia dimakamkan di Janow, Leopoli, makam yang ditempati orang- orang miskin dan terlantar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar